Sabtu, 08 Mei 2010

RSCM Buka Layanan Privat


Informasi terbaru RSCM Buka Layanan Privat JAKARTA, MP - Rumah Sakit Umum Pendidikan Nasional Cipto Mangunkusumo atau RSCM membuka layanan privat pada unit yang disebut Unit Layanan Terpadu Kencana RSCM.

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih meresmikan gedung unit layanan megah yang terdiri atas empat lantai tersebut di kompleks RSCM Jakarta, baru-baru ini.

Endang, yang pagi itu mengenakan kebaya berwarna hijau muda, mengatakan, sebagai rumah sakit rujukan nasional RSCM harus terus memperbaiki kualitas pelayanan medisnya supaya bisa menjadi acuan bagi rumah sakit yang lain."Manajemen juga harus diperbaiki supaya penyelenggaraan pelayanan efektif dan efisien," katanya.

Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di dalam negeri diharapkan dapat menarik masyarakat yang selama ini memilih layanan kesehatan di luar negeri.

"Karena jumlahnya cukup banyak, menurut survei National Health Group Singapura, 50 pasien internasional yang berobat di negeri itu berasal dari Indonesia atau sekitar 12 ribu orang per tahun," katanya.

Direktur Utama RSCM Akmal Taher mengatakan pembukaan sayap privat pada RSCM antara lain juga dimaksudkan untuk menarik masyarakat yang selama ini memilih menggunakan pelayanan kesehatan di luar negeri.

Ia menjelaskan RSCM menyediakan beberapa klaster pelayanan kesehatan pada sayap privat termasuk diantaranya pemeriksaan kesehatan, pematangan sel induk di luar tubuh, penanganan tumor, klinik payudara terpadu, pelayanan estetis, layanan rehabilitasi, kesehatan gigi, pusat layanan mata, dan neuroscience.

"Pelayanan di semua klaster dilakukan secara terpadu oleh tim, tidak ada pelayanan yang departemental," katanya.

Menurut dia, kualitas pelayanan di unit-unit tersebut sudah mendapat pengakuan.

Beberapa unit di rumah sakit tersebut sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001 dari lembaga sertifikasi ISO.

"Ada tiga unit pelayanan yang hari ini mendapatkan sertifikat ISO 9001 versi 2008 yakni Unit Pelayanan Rawat Inap Terpadu pada gedung A, Unit Pelayanan Jantung, dan Unit Perinatologi. Sebelumnya Unit Pelayanan Radioterapi juga sudah dapat sertifikat ISO," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa Unit Pelayanan Terpadu Kencana terbuka untuk seluruh masyarakat termasuk peserta ASKES.

"Untuk peserta Jamkesmas tentu tidak bisa karena standarnya kan mereka di kelas III," demikian Akmal Taher. (red/*an) Tinggalkan komentar anda tentang RSCM Buka Layanan Privat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar