Senin, 17 Mei 2010

Effendi Anas Segera DiLantik Sebagai Kasatpol PP


Informasi terbaru Effendi Anas Segera DiLantik Sebagai Kasatpol PP JAKARTA, MP - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera melantik Effendi Anas sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) DKI dan Harianto Badjoeri sebagai Direktur Administrasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA). Meski keduanya sudah memasuki masa persiapan pensiun (MPP), namun kinerja mereka dinilai masih bagus sehingga masa kerja mereka diperpanjang kembali. Rencananya, pelantikan Effendi Anas dan Harianto Badjoeri akan dilakukan sebelum kunjungan kerja Gubernur DKI Jakarta ke Kanada pada 21 Mei 2010 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, membenarkan dilakukannya reposisi terhadap jabatan Kasatpol PP DKI dari Harianto Badjoeri ke Effendi Anas yang saat ini menjabat sebagai Asisten Sekretaris Daerah bidang Kesejahteraan Masyarakat DKI Jakarta. “Memang kita melakukan pergantian Kasatpol PP DKI. Benar Effendi Anas akan menggantikan Harianto Badjoeri. Pergantian dilakukan karena Harianto sudah memasuki MPP, kemudian ia ditugaskan di salah satu BUMD milik DKI,” kata Fauzi Bowo, usai Rapim di Balaikota DKI, Senin (17/5).

Sedangkan Sekretaris Daerah Pemprov DKI, Muhayat, mengatakan, alasan pemilihan Effendi Anas sebagai Kasatpol PP DKI yang baru dikarenakan adanya pertimbangan bahwa yang bersangkutan dianggap mampu memimpin dan mengubah citra Satpol PP DKI. Effendi diyakini bisa menaikkan moral petugas Satpol PP DKI dan mengubah paradigma lama dengan paradigma yang baru. Sehingga dalam menjalankan tugasnya, seluruh Satpol PP melakukannya dengan paradigma yang baru. Salah satunya dengan melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat.

“Nantinya, Effendi secara penuh menjabat sebagai Kasatpol PP. Kemudian kita segera mencari penggantinya sebagai Asisten Kesejahteraan Masyarakat yang baru,” ujarnya. Sedangkan alasan mempromosikan Harianto Badjoeri sebagai Direktur Administrasi dan SDM, selain sudah pensiun sejak 1 Mei lalu, juga dikarenakan latar belakang pekerjaannya sebagai Kasatpol PP berkaitan dengan sumber daya manusia.

Saat ditanya kapan pelantikan kedua pejabat teras ini, Muhayat mengatakan pelantikan akan dilakukan menunggu kesiapan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dalam mempersiapkan Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta tentang Pengangkatan keduanya. Namun Pemprov DKI akan mengupayakan pelantikan dilaksanakan sebelum keberangkatan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo ke Kanada pada tanggal 21 Mei mendatang.

“Kalau SK gubernur sudah disiapkan BKD sebelum gubernur berangkat ke Kanada pada 21 Mei, maka pelantikan akan dilaksanakan sebelum tanggal itu. Tapi kalau SK belum siap, pelantikan bisa dilaksanakan setelah tanggal tersebut. Karena bukan hanya dua pejabat yang akan dilantik, melainkan banyak pejabat yang akan mengalami reposisi,” jelasnya.

Effendi Anas menegaskan dirinya siap menjalankan kepercayaan yang diberikan gubernur. “Saya akan melaksanakan dan merealisasikan tanggung jawab yang diberikan kepada saya dengan sebaik-baiknya,” kata Effendi Anas.

Kendati belum dilantik, Effendi Anas sudah memiliki dua substansi yang segera dilakukan sesudah menjabat Kasatpol PP DKI. Yaitu akan melakukan konsolidasi internal Satpol PP DKI dan memberikan paradigma baru seperti pemahaman terhadap potensi publik. Sebab Satpol PP merupakan bagian integritas dari kebutuhan publik sendiri. “Kelihatannya harus ada pembenahan dan pembelajaran serta menyatukan suatu persepsi dalam tubuh Satpol PP. Jika ada hal yang salah harus dibenahi, kemudian kita perkecil yang lemah dan tingkatkan petugas yang memiliki potensi kuat,” paparnya.

Sehingga saat melakukan penertiban bangunan liar atau pedagang kaki lima, Satpol PP DKI tidak lagi mengedepankan kekerasan. Melainkan melakukan pendekatan dengan memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat. Namun jika pendekatan itu gagal, pihaknya tetap akan melakukan langkah law enforcement sesuai dengan prosedur hukum yang ada. Dalam hal ini, Satpol PP akan bermitra dengan kepolisian untuk penegakan hukum daerah. (red/*bj) Tinggalkan komentar anda tentang Effendi Anas Segera DiLantik Sebagai Kasatpol PP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar