Kamis, 29 Juli 2010

Perempuan Pengguna Narkoba Meningkat


Informasi terbaru Perempuan Pengguna Narkoba Meningkat JAKARTA, MP - Tingginya peredaran narkoba dan psikotropika di kalangan perempuan, mengakibatkan jumlah pengguna barang haram tersebut meningkat. Bahkan, berdasarkan data Badan Narkotika Kota (BNK), jika pada 2009 dari 993 pengguna narkoba yang ditangkap, 40 orang adalah perempuan.

Hingga pertengahan 2010 dari 400 pengguna narkoba yang ditangkap, jumlahnya meningkat menjadi 50 orang. Jumlah itu diperkirakan akan bertambah hingga akhir tahun 2010.

Kasubag Refresif BNK Jakarta Pusat yang juga Wakasat Narkoba Polres Jakarta Pusat, AKP Santoso, menyebutkan, dari hasil razia BNK bersama Polres Jakarta Pusat selama tahun 2009 dengan jumlah 993 tersangka, 3 di antaranya produsen, 50 persen bandar, sisanya merupakan pengedar merangkap pemakai. Sebanyak 40 orang pemakai di antaranya perempuan.

“Data ini menunjukkan secara perlahan tapi pasti banyak kaum perempuan yang terjerat penyalahgunaan narkoba. Penyebabnya diperkirakan mereka diperalat warga negara asing (WNA),” ungkapnya, saat acara peningkatan pemahaman hukum bagi kalangan pelajar SMA dan SMK se-Jakarta Pusat, di kantor Walikota Administrasi Jakarta Pusat, Kamis (29/7).

Santosa menduga, penyalahgunaan ini diawali ketidaktahuan kaum perempuan, ditambah kondisi keluarga yang kurang mampu menjadi penyebab utama keterlibatan dengan barang terlarang tersebut. Terlebih, para WNA kulit hitam banyak yang bermukim di lingkungan padat, dan mereka mengiming-imingi dan menawari berbagai kebutuhan dan akhirnya dijadikan kurir. “Setelah itu, jadilah perempuan ini pemakai sekaligus merangkap pengedar,” paparnya.

Santoso menyebut, dari 44 kelurahan di Jakarta Pusat, 10 kelurahan di antaranya dikategorikan kawasan merah peredaran narkoba meliputi, Tanahtinggi, Galur, Kampungrawa, Karanganyar, Kartini, Kemayoran, Bungur, Petojoutara, Petojoselatan, dan Duripulo. “Sementara daerah Kampungbali dan Kebonmelati, Tanahabang yang dulu merupakan zona merah peredaran narkoba, saat ini sudah terlepas dari predikat itu,” kata Santoso. (red/*bj) Tinggalkan komentar anda tentang Perempuan Pengguna Narkoba Meningkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar