Selasa, 16 Februari 2010

Gerimis Iringi Pemasangan Patung Obama


Informasi terbaru Gerimis Iringi Pemasangan Patung Obama JAKARTA, MP - Walau sempat molor kurang lebih dua jam setengah, pemasangan Barry Dreams Statue atau patung Barry Obama di halaman SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat, akhirnya dapat dilakukan. Agar tidak terkendala oleh panas dan hujan, pihak sekolah menyediakan tenda ukuran sedang yang dipasang tepat di atas lahan berdirinya patung. Ditargetkan, pemasangan patung yang menelan dana kurang lebih Rp 30 juta ini tuntas dalam tiga hari ke depan.

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, sedianya patung dipasang mulai hari Selasa (16/2) pukul 09.00. Namun karena hujan deras dan material yang didatangkan dari Ciputat terlambat maka proses penggalian lahan baru dimualai pukul 11.30. Tidak ada kendala yang berarti selama proses pemasangan patung. Hanya saja, saat para pekerja menurunkan material dari mobil dan menggali tanah untuk membangun landasan patung, gerimis terus mengiringinya.

Kasudin Pendidikan Dasar Jakarta Pusat, Zainal Soleman mengatakan, dipastikan patung Obama dapat kembali berdiri dalam tiga hari ke depan. “Karena akan kita kebut pemasangannya, siang malam. Agar tidak kehujanan, akan disediakan tenda sehingga pekerja dapat mengerjakan dengan aman dan nyaman,” ujar Zainal, di SDN 01 Menteng, Selasa (16/2).

Seperti dikatakan sebelumnya, pemindahan patung perunggu dengan berat 30 kilogram dan tinggi 110 cm buatan pematung Edy Chaniago ini dilakukan atas dasar keinginan dari pihak sekolah. Hal ini, untuk dijadikan bukti sejarah jika salah seorang murid yang pernah mengenyam pendidikan di SDN 01 Menteng, saat ini sudah menjadi Presiden Amerika Serikat. “Pemindahan patung ke SDN 01 Menteng atas dasar permohonan dari keluarga besar sekolah dan alumni SDN 01 Menteng,” ungkapnya.

Untuk sementara, sambil menunggu selesainya pembuatan landasan patung, saat ini patung disimpan di ruang Laboratorium Bahasa Inggris di lantai dua. Patung diletakkan di atas meja sepanjang dua meter dengan dialasi kain putih. Agar lebih aman, pintu pun selalu dalam keadaan terkunci. Bahkan ada pintu teralis, sebagai pintu lapis kedua, di ruangan tersebut yang turut digembok.

Dalam kesempatan tersebut, Zainal juga menyebutkan bahwa SDN 01 Menteng akan disulkan untuk direhab berat, melalui dana APBD Perubahan 2010. Alasannya, beberapa bagian gedung sudah banyak yang rusak. Bahkan salah satu halaman yang biasa digunakan untuk latihan menari para siswa, sedikit bocor.

Namun karena bangunan ini merupakan bangunan bersejarah maka rehab tidak akan dilakukan tanpa merubah estetika konstruksi. Keasilan gedung akan tetap dipertahankan. Hanya saja penataan taman akan disesuaikan dengan hadirnya patung Obama. Sebab patung dipasang persis di samping taman yang ada di depan sekolah.

“Kerusakan sih belum parah namun ada beberapa bagian yang harus diperbaiki. Kemungkinan akan kita usulkan pada APBD perubahan 2010, syukur-syukur ada bantuan dari CSR (corporate social responcibility),” katanya.

Salah seorang guru SDN 01 Menteng yang enggan disebut namanya mengatakan, pihak sekolah juga akan membuat pintu gerbang baru yang sejajar dengan pintu utama sekolah. Nantinya dari pintu utama ke pintu gerbang yang baru, dipasangi auning. 

Selain itu, di salah satu sudut taman juga akan dibuatkan dua tiang bendera. Satu tiang akan dipasangi Bendera Merah Putih dan tiang lainnya, akan dipasangi Bendera Amerika Serikat, utamanya saat Barack Obama mengunjungi sekolah tersebut. (red/*bj) Tinggalkan komentar anda tentang Gerimis Iringi Pemasangan Patung Obama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar