Selasa, 13 April 2010

1,6 Juta Wisman Ditargetkan Berkunjung ke Jakarta


Informasi terbaru 1,6 Juta Wisman Ditargetkan Berkunjung ke Jakarta JAKARTA, MP - Gencarnya promosi pariwisata Jakarta di dalam maupun luar negeri, membuat Pemprov DKI berani menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2010 ini sebanyak 1,6 juta orang. Target ini meningkat sekitar 9,2 persen dari jumlah kunjungan wisman tahun 2009 yang hanya mencapai 1.451.914 kunjungan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik DKI Jakarta, secara kumulatif kunjungan wisman selama tahun 2009 mencapai 1.451.914 kunjungan. Angka ini mengalami penurunan 5,38 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman sepanjang tahun 2008 yang mencapai 1.524.032 kunjungan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman menegaskan, pihaknya akan bekerja keras untuk menaikkan jumlah kunjungan wisman ke Jakarta hingga akhir tahun 2010 ini. “Saya tidak mau penurunan kunjungan wisman terjadi seperti pada perbandingan antara tahun 2008 dengan 2009. Tahun ini harus meningkat,” kata Arie Budhiman di Jakarta, Selasa (13/4).

Arie merasa optimistis target itu bisa tercapai karena prediksi pertumbuhan kunjungan wisatawan ke Jakarta akan lebih baik dibandingkan tahun lalu, yang sempat melemah karena dipengaruhi krisis ekonomi global. Hal itu terbukti dari peningkatan jumlah kunjungan wisatawan periode Januari-Februari 2010 yang naik sekitar 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. “Saya harapkan pertumbuhan itu akan tetap stabil hingga akhir tahun sehingga target kami bisa tercapai,” harapnya.

Berbagai upaya yang dilakukan Dinas Pariwasata dan Kebudayaan DKI untuk mencapai target itu antara lain dengan mempromosikan kota Jakarta melalui program Enjoy Jakarta ke beberapa negara asing, dan juga ke luar daerah.

Kegiatan promosi itu untuk memperkenalkan kebudayaan daerah dan fasilitas serta tempat-tempat hiburan, belanja, dan wisata yang ada di Jakarta. Termasuk juga pusat grosir perdagangan yang menjadi sasaran utama untuk berbelanja barang murah.

Dengan adanya peningkatan jumlah kunjungan wisman, Arie pun menargetkan kenaikan penerimaan dari kunjungan wisman sebesar 15 persen dari pencapaian penerimaan tahun 2009 sebesar Rp 4,6 triliun. Artinya, target penerimaan dari wisatawan yang masuk ke Jakarta diperkirakan akan mencapai Rp 5,2 triliun. (red/*bj)
Tinggalkan komentar anda tentang 1,6 Juta Wisman Ditargetkan Berkunjung ke Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar