Senin, 12 April 2010

Ultah ke-62, Foke Komit Benahi Transportasi


Informasi terbaru Ultah ke-62, Foke Komit Benahi Transportasi JAKARTA, MP - Merayakan hari ulang tahun dengan sebuah pesta sudah menjadi tradisi bagi sejumlah orang. Apalagi jika yang merayakannya adalah para pejabat dan selebritis. Namun hal itu sepertinya tidak berlaku bagi Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Buktinya, orang nomor satu di Jakarta itu merayakan ulang tahunnya ke-62 dengan sederhana. Itupun dilakukan di balai wartawan koordinatoriat Balaikota DKI, Senin (12/4).

Ya, kendati hidup dari keluarga yang serba berkecukupan, pria berkumis tebal kelahiran 10 April 1948 ini memilih merayakan hari spesial dalam hidupnya dengan tidak berpesta pora. Sejatinya, ide perayaan ulang tahun gubernur ini datang dari wartawan koordinatorat Balaikota DKI. Acaranya pun sangat sederhana, yakni hanya doa bersama dan potong tumpeng nasi kuning. Kendati begitu, acara yang dihadiri sejumlah wartawan, Kepala Dinas Kominfomas DKI Nurachman, Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudi Mulyanto dan beberapa pejabat DKI lainnya, berlangsung cukup meriah.

Saat tiba di balai wartawan, gubernur langsung disambut dengan nyanyian “selamat ulang tahun” oleh seluruh wartawan dan pejabat yang menghadiri acara tersebut. Tak lama kemudian, sambutan dari perwakilan wartawan dan sepatah kata dari gubernur pun, turut menyertai prosesi ulang tahun tersebut.

“Saya tidak biasa merayakan ulang tahun dengan meriah,” ucap gubernur, mengawali pembiacaraannya dengan kalangan wartawan. Dari raut wajahnya, ia nampak sedikit terkejut begitu melihat di meja wartawan ada tumpeng nasi kuning yang dilengkapi dengan piring plastik dan minuman dalam kemasan gelas.

Selanjutnya, ia mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan seluruh wartawan dan Dinas Kominfomas DKI Jakarta, yang telah membuat pesta kecil di hari ulang tahunnya itu. Sebab selama ini, ia tidak pernah merayakan ulang tahun dengan pesta besar.

“Hal ini menggembirakan sekali. Terima kasih untuk perhatiannya. Karena sejak kecil, saya tidak pernah mengadakan pesta besar untuk merayakan hari ulang tahun. Jadi kalau ada undangan dari Taman Suropati untuk merayakan pesta ulang tahun dengan band atau dangdutan, itu tidak akan terjadi,” kata Fauzi Bowo yang disambut dengan tawa dari para wartawan.

Mantan Wakil Gubernur DKI ini juga mempunyai harapan khusus di hari ulang tahunnya yang ke-62 tahun ini. Setidaknya ia berharap, agar semakin lebih bijak dan lebih baik dalam memimpin kota Jakarta di tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang. Salah satu hal yang akan diprioritaskan dalam masa kepemimpinannya di tahun 2010 ini dan tahun-tahun yang akan datang yaitu fokus pada pembenahan dan peningkatan pelayanan transportasi di ibu kota. Sebab, ia melihat tanpa penataan, pembenahan dan peningkatan pelayanan transportasi umum maka masalah kemacetan di Jakarta tidak akan pernah selesai.

“Kalau dua tahun lalu saya fokus terhadap banjir dengan pengerjaan Kanal Banjir Timur, mulai sekarang hingga tahun depan saya akan fokus untuk menata dan membenahi pelayanan transportasi. Baik bus Transjakarta maupun angkutan umum,” jelasnya.

Alasan diprioritaskan pembenahan transportasi, demi kepentingan masyarakat Jakarta yang sangat membutuhkan pelayanan transportasi umum yang baik, murah, nyaman, dan aman. Ia melihat bahwa mobilitas warga Jakarta cukup tinggi. Dengan adanya pembenahan pelayanan transportasi umum, maka warga Jakarta tidak akan enggan berpindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Sehingga kemacetan akan berkurang.

Untuk mewujudkan hal itu, pria yang akrab disapa Bang Foke ini menegaskan akan memulai dengan memfungsikan kembali komponen-komponen yang mengatur lalu lintas di Dinas Perhubungan DKI sehingga kinerja lebih baik. Langkah lain yang dilakukan yaitu pembenahan status Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta menjadi BLU penuh dengan membuat standar pelayanan minimum (SPM) yang diperkirakan akhir April akan rampung.

Kemudian, akan lebih mengefektifkan kembali penasehat transportasi kota yang tergabung dalam Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) dan Institute Transportation and Development Policy (ITDP). Mereka diminta bekerja dengan memberikan output kinerja dengan sinergi yang lebih baik lagi.

“Saya akan meminta semuanya untuk memberikan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah transportasi di Jakarta. Saya akan mulai mengundang mereka rapat dua minggu sekali di kantor saya secara rutin,” tuturnya. Fauzi yakin, jika semua ini dijalankan dengan konsekuen, maka akhir tahun ini akan terlihat peningkatan pelayanan transportasi, khususnya bus Transjakarta dan perbaikan feeder-nya.

Apapun harapan dari Bang Fauzi, sudah sepatutnya warga Jakarta turut mendukung dan mendoakannya. Agar harapan tersebut cepat terwujud dan bisa dinikmati oleh seluruh penduduk Jakarta. Sehingga ini menjadi kado ulang tahun yang sangat berharga bagi Bang Fauzi. Selamat Ulang Tahun Bang Fauzi!! (red/*bj) Tinggalkan komentar anda tentang Ultah ke-62, Foke Komit Benahi Transportasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar